November 16, 2018

PENELITIAN, PUBLIKASI DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

PENELITIAN, PUBLIKASI DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

 

Sebagai perwujudan dari Tri Darma perguruan tinggi, setiap Prodi mengadakan berbagai kegiatan akademik yang melibatkan dosen dan mahasiswa. Menulis di Jurnal STAK AG misalnya. Jurnal khusus untuk Pendidikan Agama Kristen dan Teologi STAK Arastamar Grimenawa masih dalam proses diadakan untuk menampung tulisan-tulisan yang berkaitan dengan pengembangan Pendidikan Agama Kristen dan Teologi. STAK Arastamar Grimenawa juga memiliki langganan jurnal dengan sekolah-sekolah Teologi lain yang ada di Indonesia maupun dari luar negeri. Dari dalam negeri misalnya: Amanat Agung (STT Amanat Agung) dan Teologi Reformed Indonesia (STT GRII).

Untuk publikasi buku oleh dosen sudah ada, dimana setiap bahan ajar dosen dalam bentuk diktat dikembangkan menjadi buku dan diterbitkan oleh Pustaka Arastamar Grimenawa. Kegiatan-kegiatan prodi yang dilakukan dalam kaitannya dengan pengabdian kepada masyarakat antara lain: kerja bakti, pelayanan kesehatan, memimpin ibadah, berkhotbah, dll.

 

Penelitian

 

        Unit penelitian mempunyai tugas menyelenggarakan penelitian sebagai unsur pelaksanaan akademik yang bertugas melaksanakan, mengkoordinasikan, membantu dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian yang diselenggarakan oleh seluruh civitas akademika Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Arastamar Grimenawa. Selain memberikan landasan-landasan konseptual tentang penelitian yang dilakukan seluruh civitas akademika khususnya para mahasiswa, unit penelitian STAK Arastamar Grimenawa juga melaksanakan penelitian tentang data dasar (data base) sekolah-sekolah Kristen dan gereja-gereja di Papua. Penelitian-penelitian akan tetap diupayakan untuk masa mendatang sesuai kemungkinan yang ada, baik dalam kerjasama dengan badan/lembaga mitra maupun secara mandiri.

 

Pengabdian Kepada Masyarakat

 

Unit pengabdian pada masyarakat mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui upaya memberdayakan sumber daya masyarakat dan lingkungan. Dalam melaksanakan tugasnya, unit pengabdian kepada masyarakat tetap berupaya untuk mencari bentuk-bentuk kreatif untuk pengabdian kepada masyarakat. Wujud dari pengabdian ini ialah keterlibatan langsung dalam pelayanan di tengah-tengah jemaat, sekolah dan masyarakat melalui kuliah kerja lapangan dan bantuan sosial kepada jemaat-jemaat yang kurang diperhatikan di pedesaan Papua. Pada setiap weekend setiap mahasiswa kembali ke gereja masing-masing untuk membantu pelayanan ibadah Minggu. Program pelayanan desa dilakukan mahasiswa adalah bentuk pengabdian pada masyarakat dan jemaat secara nyata. Demikian juga dengan peranan para dosen dengan berbagai pembinaan, pelatihan dan pelayanan sebagai fasilitator (nara sumber) menjadi salah satu bukti bahwa kehadiran lembaga Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Arastamar Grimenawa dalam rangka pengabdian kepada masyarakat telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan.

About The Author

Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Agama Kristen (STIPAK) Arastamar di daerah Grimenawa – Kampung Sabron, Distrik Kemtuk, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua diresmikan pada tanggal 23 September 2014, STIPAK berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Arastamar Grimenawa mengikuti legalitas hukum SK Ijin Pendirian Institusi tanggal 31 Desember 2014 oleh Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI nomor: DJ.III/Kep/HK.005/612/2014, dan Ijin Penyelenggaraan Prodi S1 PAK nomor: DJ.III/Kep/HK.005/615/2014, Prodi S1 Teologi nomor: DJ.III/Kep/HK.005/615/2014

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *