November 16, 2018

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN MOTO INSTITUSI

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN MOTO INSTITUSI

 

VISI:

“Menjadi Sekolah Tinggi yang biblika, profesional dan unggul dalam pelaksanaan pendidikan pengajaran, pengembangan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di daerah pedesaan”

 

Penjelasan:

Biblika artinya dalam pelaksanaan seluruh proses kegiatan STAK Arastamar Grimenawa Jayapura selalu berlandaskan Alkitab (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru) sebagai Firman Allah yang berotoritas dan merupakan pedoman hidup orang Kristen.

Profesional artinya

  1. Dalam penyelenggaraan pendidikan, tugas dan tanggungjawab selalu mengacu kepada peraturan dan perundang-undangan pendidikan tinggi yang berlaku.
  2. Secara terencana melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang berkualitas dalam bidang pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai untuk menghasilkan SDM yang memiliki daya saing di bidang Pendidikan Agama Kristen dan Teologi, baik di tingkat lokal, maupun nasional.
  3. Mengangkat dan menetapkan tenaga pendidik dan kependidikan berdasarkan kompetensinya, merekayasa proses pembelajaran sesuai dengan standar kurikulum yang berlaku dan disesuaikan pada kebutuhan  jenjang mahasiswa guna menghasilkan lulusan yang berdaya saing dalam lapangan pekerjaan maupun penciptaan lapangan pekerjaan sendiri.

 

Unggul, artinya orientasi pelayanan STAK Arastamar Grimenawa Jayapura lebih prioritas kepada pelayanan pembangunan SDM masyarakat pedesaan. Jadi, bukan berarti STAK Arastamar Grimenawa tidak peduli terhadap pelayanan pembangunan SDM di Perkotaan. Hal ini selaras dengan filosofi STAK Arastamar Grimenawa Jayapura yaitu “Menjangkau yang tidak terjangkau”. Maksud dari filosofi tersebut bahwa STAK Arastamar Grimenawa Jayapura berada pada garis terdepan dalam membawa dan memberikan peluang bagi masyarakat pedesaan yang tertinggal dan terbelakang guna membangun manusia seutuhnya, yang berdaya saing baik di tingkat lokal, maupun nasional dalam aspek-aspek sebagai berikut:

  1. Spiritualitas: memiliki tingkat kerohanian yang tinggi dan berkarakter seperti Kristus (Galatia 5:22-23), serta siap mengabdi di daerah pedesaan.
  2. Kognitif: memiliki ilmu yang tinggi dan berpengetahuan luas/berwawasan global serta siap mengabdi di daerah pedesaan.
  3. Afektif: bersikap seimbang dalam karya dan karsa bagi masyarakat di pedesaan.
  4. Psikomotorik (keterampilan): terampil sebagai guru/pendidik/pengajar, terampil sebagai Peneliti, dan terampil sebagai pemberita Injil di daerah pedesaan.

 

 

MISI:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang biblika, professional dan unggul sesuai kebutuhan  masyarakat pedesaan.
  2. Melakukan pengembangan dan penelitian dalam bidang Pendidikan Kristen dan Teologi sebagai sumbangsih riil dalam membangun Sumber Daya Manusia masyarakat pedesaan.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat pedesaan guna bebas dari keterbelakangan dalam bidang pendidikan dan kerohanian.

 

TUJUAN:

 

  1. Menghasilkan alumni yang berkarakter Kristus, memiliki kemampuan profesional dan berkomitmen dalam berkarya membangun daerahnya dari keterbelakangan dan ketertinggalan.
  2. Menghasilkan publikasi ilmiah dan hak paten melalui pengembangan penelitian bidang pendidikan Kristen dan Teologi yang berkualitas dan inovatif guna menunjang pembangunan Sumber Daya Manusia masyarakat pedesaan.
  3. Memperkuat perpustakaan sebagai pusat penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan fasilitas pendukung kerjasama yang berstandar nasional.
  4. Membangun kerjasama yang berkelanjutan dengan masyarakat pengguna, lembaga mitra dan pemerintah dalam pengembangan pendidikan dan penelitian keagamaan.

 

SASARAN:

 

  1. Tercapainya sebuah Perguruan Tinggi unggulan yang berkualitas dalam iman dan ilmu, berintegritas, berkarakter, berkomitmen, dan berkompeten dalam pelayanan masyarakat pedesaan.
  2. Tercapainya sebuah Perguruan Tinggi unggulan dalam membentuk Tenaga Pendidik, kependidikan dan Pelayan Gereja, yang setia dan siap mengabdi pada masyarakat pedesaan.
  3. Tercapainya sebuah Perguruan Tinggi unggulan yang seimbang dalam dalam menjawab kebutuhan tenaga pendidik, gembala dan Penginjil pada masyarakat pedesaan.

 

STRATEGI:

  1. Membuka program studi – program studi yang relevan dalam menunjang visi misi dan tujuan lembaga institusi
  2. Menyusun Kurikulum yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan lembaga institusi
  3. Menginformasikan kepada para stakeholder/pengampu kepentingan STAK AG, pengguna lulusan (gereja dan sekolah-sekolah) tentang visi, misi dan tujuan lembaga intituasi, sehingga pihak-pihak yang berkaitan turut memantau dan mengevaluasi perwujudannya
  4. Memelihara dan meningkatkan pelayanan rohani bagi civitas Akademika STAK AG.
  5. Komitmen melayani di gereja dan masyarakat di pedesaan Papua sebagai tolak ukur keberhasilan lembaga STAK AG.
  6. Secara kontinue memberikan kesempatan studi lanjut dengan beasiswa kepada dosen yang berprestasi sehingga menghasilkan tenaga pendidik yang berkompeten dan relevan sesuai dengan kebutuhan lembaga institusi.
  7. Selanjutnya semuanya ini telah dituangkan dalam RENSTRA dan RENOP STAK AG.

 

MOTTO INSTITUSI:

 

“Kreatif, Inovatif dan Mandiri dalam berkarya”

About The Author

Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Agama Kristen (STIPAK) Arastamar di daerah Grimenawa – Kampung Sabron, Distrik Kemtuk, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua diresmikan pada tanggal 23 September 2014, STIPAK berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Arastamar Grimenawa mengikuti legalitas hukum SK Ijin Pendirian Institusi tanggal 31 Desember 2014 oleh Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI nomor: DJ.III/Kep/HK.005/612/2014, dan Ijin Penyelenggaraan Prodi S1 PAK nomor: DJ.III/Kep/HK.005/615/2014, Prodi S1 Teologi nomor: DJ.III/Kep/HK.005/615/2014

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *